koleksi peribadi dikongsi bersama insan2 disayangi

kalau dah rajin menulis:

cinta....kasih..sayang... (212) suara hatiku (198) nikmat Allah (140) Alhamdulillah (127) cinta....kasih..sayang...hubbyku (127) ilmu (102) belajar (87) CHAPTER HIDUPKU..... (80) Puisi/Sajak/Gurindam (72) memori oh memori (72) kerjayaku (69) D'Perantauan (65) cabar minda (63) nasihat (58) keluargaku (42) Chef Shikin...cooking skill (39) kerjayaku...kemahiran (39) berita (38) cabar diri... (37) Pergilah bercuti (35) 1 entri 2 stories (34) dari seorang sahabatku (32) Mari Melancong (30) dugaan..ujian hidup (29) Usahawan (28) Siapa kau...dihatiku? (24) resepi aku (24) ESQ165 (23) My Dreams Come True (21) pengalaman (21) Motivasi diri (19) sunnah (17) lucu... (16) teratak aish (15) Travel logku (13) tin@teratak aish (13) art theraphy (12) HOMEMADE SOAP (11) Premium Beautiful (11) Tazkirah (11) ESTIMAR HOMEMADE AURA SOAP (10) USAHAWATI UTARA. (10) Harilahirku....Shikin Sayang (9) PENTING (8) CONTEST D'moontest (7) Projek Senyum (7) Telekung JC Siah Eksklusif (7) Terapi (7) berkebun (7) hobi (7) imotivasi.com (7) santapan telinga (7) DOA TERAKHIR 39 (6) GIVEAWAY 4BY4 SHIKIN SAYANG (6) PETUA TO' NENEK (6) Yuniarko Sukendro (6) kemahiran belajar. (6) program (6) EID MUBARAK (5) I AM AGEL (5) IAB (5) Joke of the day (5) PERNIAGAAN PALING MENGUNTUNGKAN (5) Pengumuman (5) Siapa pakai Premium Beautiful ?? (5) UCAPAN (5) cinta....kasihsayang... (5) dari blog MITI's (5) lucu (5) Falsafah...fail sampah (4) Giveaway Blogger's (4) IKLAN (4) Istikharahku (4) LEGASI (4) Musibah (4) Datuk Maznah Hamid (3) Fig Colector (3) HANDMADE. (3) Hari Rayaku. (3) KENDURI KAHWIN (3) MIKE DAVID (3) MUEZAH (3) Mutiara kata.... (3) TNPOD8581 (3) Testimoni (3) anak dagang di perantauan (3) CAT WORLD (2) Doaku (2) FAKTA VS AOTA (2) I luv ISLAM (2) INDAHNYA NEGERIKU KEDAH DARULAMAN (2) Majlis Perkahwinan (2) PROJEK SUCCESS CORNER SMKAM (2) SSFG (2) SUNNAH'S FASHION GLAM (2) Tinteratakaish (2) Video ku (2) my video (2) BAHAYA.... (1) Ben Ashaari ...otai blogger (1) DAO (1) Dr Azizan Osman (1) FOLLOWER BERTUAH (1) HADIS (1) HARI GURU (1) I (1) Kedah Negeriku (1) MAS (1) Pekeliling oh pekeliling (1) REMPAH SERBAGUNA MAK TEH BATU 10 (1) SEKOLAH MENENGAH TUN SYARIFAH RODZIAH (1) SELAMAT HARI GURU (1) T (1) UB (1) al (1) pohon syurga (1)
Semoga Bahagia Selalu,Sihat dan Kaya. Ameen ya Rabbal Alameen.Sayang Shikin ....

Thursday, June 17, 2010

Golongan Manusia

Golongan pertama ialah golongan orang yang GAGAL....
---> mereka nampak peluang n tau kelebihan peluang yang ada...tapi mereka abaikan...mereka tolak tepi peluang tu..

contoh "ah..dah la...xde mase aku nak buat mnde ni"

golongan kedua ialah golongan orang yang BIASA2 je

---> mereka nmpk peluang, mereka tak tolak tapi mereka tak ambil...

contohnya "kau buat dulu, nnti bila kau da berjaya kau bgtau aku"...tp pada ketika kawan kita da berjaya, kita adalah golongan yang tertinggal di belakang..



golongan ketiga ialah golongan orang yang BIJAK

---> mereka nampak peluang n ambil peluang tu..sebab mereka tau mereka ingin berjaya n ingin merubah nasib mereka..



golongan keempat ialah golongan orang yang HEBAT

---> mereka nampak peluang n ambil peluang yang ada..dan mereka kongsi dengan rakan2 dan orang tersayang untuk berjaya bersama-sama dengan mereka..

JD..ANDA TERGOLONG DLM GOLONGAN MANUSIA YG MANA??? GAGAL?? BIASA2? ATAU BIJAK??? ATAUPON ANDA SEBENARNYA TAU YG ANDA HEBAT??

Apa yang akan jadi pada tahun depan atau 10 tahun akan datang atau 30 tahun akan datang....semuanya BERGANTUNG pd tindakan yang kita lakukan pada HARI INI.....jadi mulakan langkah anda...jgn berlengah lagi...tiada sapa yg akn tggu anda utk BERJAYA!!! hanya anda yg dpt lakukannya..

Doa penyembuh penyakit

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاء لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ




"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." - Surah Yunus ayat 57.







:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Balance Sheet of Life

Our Birth is our Opening Balance!


Our Death is our Closing Balance!

Our Prejudiced Views are our Liabilities

Our Creative Ideas are our Assets

Heart is our Current Asset

Soul is our Fixed Asset

Brain is our Fixed Deposit

Thinking is our Current Account

Achievements are our Capital

Character & Morals, our Stock-in-Trade

Friends are our General Reserves

Values & Behaviour are our Goodwill

Patience is our Interest Earned

Love is our Dividend

Children are our Bonus Issues

Education is Brands / Patents

Knowledge is our Investment

Experience is our Premium Account

The Aim is to Tally the Balance Sheet Accurately.

The Goal is to get the

Best Presented Accounts Award.

Some very Good &Very bad things

The most destructive habit....... ......... .......Worry

The greatest Joy......... ......... ......... .....Giving! !!

The greatest loss.......Loss of self-respect

The most satisfying work........ ........Helping others

The ugliest personality trait....... ......Selfishnes s

The most endangered species..... ....Dedicated leaders

Our greatest natural resource.... ......... ..Our youth

The greatest shot in the arm - Encouragement

The greatest problem to overcome - FEAR

The most effective sleeping pill........

PEACE OF MIND

The most crippling failure disease..... .......Excuses

The MOST POWERFUL FORCE in life........ ........

LOVE!!!

The most dangerous pariah...... ..Gossip

The world's most incredible computer.... ....

The brain

The worst thing to be without..... ......... ..... Hope

The deadliest weapon...... ......... ......... The tongue

The two most power-filled words....... .........

'I CAN'

The greatest asset....... ......... ......... .......Faith

The most worthless emotion..... ......... ....Self- pity

The most beautiful attire...... ......... .......SMILE!

The most prized possession.. ......... .....INTEGRITY

The most powerful channel of communication. ....Prayer

The most contagious spirit...... ......... ...Enthusiasm

The most important thing in life.......NO SELF

(WITHOUT EGO)

Life ends; when you stop Dreaming,

Hope ends; when you stop Believing,

Love ends; when you stop Caring,

And Friendship ends;

hen you stop Sharing...!!!



Take care, have a wonderful day!!! .......

:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

landskap aku.....dah orang lain buat....

Nak tanam pokok buluh daam pasu nak kena pergi beli pasu. Memang bila aku tengok rumah dia memang semuanya macam yang aku hendak. Aku memang ada persamaan dengan dia ke dengan bini dia?

Dulu aku dok lukis alih-alih dia yang buat kat rumah dia...tapi aku rasa ini semua sebab aku yang dok syok sendiri lah. Design macam nak rak tapi tak da modal nak buat jadi orang lain buat dululah.
Tak pa lepa ni aku langgan majalah international jadi landscap aku pun nanti mesti intenational jugalah....kena cari modal... nak buat landscap ni.

:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Thursday, June 10, 2010

Sharing and caring

Hari ini aku pergi ziarah Kak Yati isteri B...sedih aku tengok dia sebab mengenangkan apa yang emak aku alami  18 tahun yang lalu. Cabaran hidup sebagai seorang surirumah sepenuh  masa yang tidak  penah hidup berdikari dan bergantung sepenuhnya kepada suami. Bila orang insan yang kita  bergantung peri meninggalkan selamanya memang kita akan mengalami trauma dan kesedihan yang teramat sangat tetapi apa yang penting adalah sokongan dari insan -insan yang kita sayang dan kita kenal disekeliling kita.

Sedih dan simpati tetapi apa yang sewajarnya adalah empati sahaja yang sangat diperlukan oleh seseorang apabila ia mennghadapi situasi kritikal ini. Sekarang aku sangat empati  dengan keadaan  Kak Yati sekarang kerana aku sebagai seorang yang  pernah hidup bersaama ibu aku. Ibu aku berhadapan dengan pelbagai masalah  sangat kritikal dan aku sangat memahami bagaimana perasaan Kak Yati bila B meninggal. Mak pernah alami hidup yang sangat kritikal dan trauma akibat tekanan yang diberikan oleh masyarakat sekeliling dan juga saudara mara yang tidak faham akan masalah yang dihadapi.

Sudahlah kehilangan insanyang tercinta di tambah dengan sikap mengambil kesempatan dan Alhamdulilah dalam masa yang sama ada ramai yang sudi menolong dan membantu untuk memudahkan segala urusan  yang tidak tertanggung oleh seorang balu yang terlalu asing dalam segala urusan seperti ini. Aku kagum melihat rakan-rakan sekerja di IPDA yang sentiasa berusaha untuk membantu dan mempertahankan kebajikan keluarga Allahyarham B InsyaAllah B..kami akan membatu sedaya upaya untuk membela nasib isterii dan anak-anakmu.

Ketika ini aku hanya memberikan kekuatan kepada Kak Yati dalam bentuk sokongan dan keyakinan diri kepada Kak Yati untuk bertindak dalam menguruskan diri mereka. Kak Yati perlu bangun memperjuangkan nasib anak-anak dan kekuatan diri beliau sangat perlu. Aku akan berkonsi dengan Kak Yati dan membantu Kak Yati menguruskan tekanan yang dia alami sekarang. Bukan aku nak memandai-mandai tetapi aku memang terasa apa yang Kak yati alami sebab mak alai benda yang sama. Aku nak beri sokongan yang termampu sementara  aku masih berada di IPDA. Semoga Allah memberi kekuatan kepada aku untuk menghulurkan bantuan kerana aku tak punya duit ringgit untuk membantu. Semoga Allah berikan kekuatan kepada kami semua Amin.


:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Tuesday, June 8, 2010

Blood Clots/Stroke

- They Now Have a Fourth Indicator, the Tongue

I will continue to forward this every time it comes around!

STROKE: Remember the 1st Three Letters.... S.T.R.


My nurse friend sent this and encouraged me to post it and spread the word.
I agree. If everyone can remember something this simple, we could save some folks.
Seriously..

Please read:

STROKE IDENTIFICATION:

During a BBQ, a friend stumbled and took a little fall - she assured everyone that she was fine (they offered to call paramedics) .she said she had just tripped over a brick because of her new shoes.

They got her cleaned up and got her a new plate of food. While she appeared a bit shaken up, Ingrid went about enjoying herself the rest of the evening

Ingrid's husband called later telling everyone that his wife had been taken to the hospital - (at 6:00 pm Ingrid passed away.) She had suffered a stroke at the BBQ. Had they known how to identify the signs of a stroke, perhaps Ingrid would be with us today. Some don't die. they end up in a helpless, hopeless condition instead.

It only takes a minute to read this...

A neurologist says that if he can get to a stroke victim within 3 hours he can totally reverse the effects of a stroke... totally . He said the trick was getting a stroke recognized, diagnosed, and then getting the patient medically cared for within 3 hours, which is tough.

RECOGNIZING A STROKE

Thank God for the sense to remember the '3' steps, STR . Read and Learn!

Sometimes symptoms of a stroke are difficult to identify. Unfortunately, the lack of awareness spells disaster. The stroke victim may suffer severe brain damage when people nearby fail to recognize the symptoms of a stroke.

Now doctors say a bystander can recognize a stroke by asking three simple questions:

S * Ask the individual to SMILE.

T * Ask the person to TALK and SPEAK A SIMPLE SENTENCE (Coherently)
(i.e. It is sunny out today)

R * Ask him or her to RAISE BOTH ARMS.

If he or she has trouble with ANY ONE of these tasks, call emergency number immediately and describe the symptoms to the dispatcher.

New Sign of a Stroke -------- Stick out Your Tongue

NOTE: Another 'sign' of a stroke is this: Ask the person to 'stick' out his tongue.. If the tongue is 'crooked', if it goes to one side or the other , that is also an indication of a stroke..

A cardiologist says if everyone who gets this e-mail sends it to 10 people; you can bet that at least one life will be saved.

I have done my part.

:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Hikmat Ayat Al-Kursi mengikut Hadis-hadis:

Dlm sebuah hadis, ada menyebut perihal seekor syaitan yg duduk diatas pintu rumah.
Tugasnya ialah utk menanam keraguan di hati suami terhadap kesetiaan isteri di rumah dan keraguan dihati isteri terhadap kejujuran suami di
luar rumah. Sebab itulah Rasulullah tidak akan masuk rumah sehinggalah Baginda mendengar jawaban salam daripada isterinya.

Disaat itu syaitan akan lari bersama-sama dengan salam itu.

1) Barang siapa membaca ayat Al-Kursi apabila berbaring di tempat tidurnya, Allah SWT mewakilkan dua orang Malaikat memeliharanya hingga subuh.
2) Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir setiap sembahyang Fardhu, dia akan berada dlm lindungan Allah SWT hingga sembahyang
yang lain.
3) Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir tiap sembahyang,tidak menegah akan dia daripada masuk syurga kecuali maut dan barang siapa membacanya ketika hendak tidur, Allah SWT memelihara akan dia ke atas rumahnya,rumah jirannya dan ahli rumah-rumah disekitarnya.
4) Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir tiap2 sembahyang fardhu, Allah SWT menganugerahkan dia setiap hati orang yg bersyukur,setiap perbuatan orang yg benar,pahala nabi2 serta Allah melimpahkan
padanya rahmat.
5) Barang siapa membaca ayat Al-Kursi sebelum keluar rumahnya, maka Allah SWT mengutuskan 70,000 Malaikat kepadanya - mereka semua memohon keampunan dan mendoakan baginya.
6) Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir sembahyang Allah SWT akan mengendalikan pengambilan rohnya dan dia adalah seperti orang yang berperang bersama Nabi Allah sehingga mati syahid.
7) Barang siapa yang membaca ayat Al-Kursi ketika dalam kesempitan nescaya Allah SWT berkenan memberi pertolongan kepadanya.

Dari Abdullah bin 'Amr r.a., Rasulullah S.A.W.
bersabda,Sampaikanlah pesanku biarpun satu ayat..."


:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

JENIS MAKANAN

Rupanya tanpa kita sadari, dalam makanan yang kita makan sehari-hari, kita tak boleh sembarangan. Hal inilah penyebab terjadinya berbagai
penyakit antara lain penyakit kencing manis, lumpuh, sakit jantung,
keracunan makanan dan lain2 penyakit. Apabila anda telah mengetahui
ilmu ini, tolonglah ajarkan kepada yg lainnya.
Ini pun adalah diet Rasullulah SAW kita juga. Ustaz Abdullah Mahmood
mengungkapkan, Rasullulah tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya
karena pandai menjaga makanannya sehari-hari. Insya Allah kalau anda
ikut diet Rasullullah ini, anda takkan menderita sakit perut ataupun
keracunan makanan.

Jangan makan SUSU bersama DAGING
Jangan makan DAGING bersama IKAN
Jangan makan IKAN bersama SUSU
Jangan makan AYAM bersama SUSU
Jangan makan IKAN bersama TELUR
Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
Jangan makan SUSU bersama CUKA
Jangan makan BUAH bersama SUSU CTH :- KOKTEL

· CARA MAKAN
· JANGAN MAKAN BUAH SETELAH MAKAN NASI , SEBALIKNYA MAKANLAH
BUAH TERLEBIH DAHULU, BARU MAKAN NASI.
· TIDUR 1 JAM SETELAH MAKAN TENGAH HARI.
· JANGAN SESEKALI TINGGAL MAKAN MALAM . BARANG SIAPA YG TINGGAL MAKAN MALAM DIA AKAN DIMAKAN USIA DAN KOLESTEROL DALAM BADAN
AKAN BERGANDA.
· Nampak memang sulit.. tapi, kalau tak percaya...
cobalah....................................
· Pengaruhnya tidak dalam jangka pendek.... Akan berpengaruh
bila kita sudah tua nanti.
· Dalam kitab juga melarang kita makan makanan darat
bercampur dengan makanan laut.
· Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu. karena
akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan
bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan
mengandung ion-, jika dalam makanan kita ayam bercampur dengan ikan
maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merusak usus kita.
· Al-Quran Juga mengajarkan kita menjaga kesehatan spt membuat
· amalan antara lain:
· Mandi Pagi sebelum subuh, sekurang kurangnya sejam sebelum
matahari terbit. Air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi
penimbunan lemak. Kita boleh saksikan orang yang mandi pagi kebanyakan
badan tak gemuk.
· Rasulullah mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air
es) setiap pagi. Mujarabnya Insya Allah jauh dari penyakit (susah
mendapat sakit).
· Waktu sembahyang subuh disunatkan kita bertafakur (yaitu
sujud sekurang kurangnya semenit setelah membaca doa). Kita akan
terhindar dari sakit kepala atau migrain. Ini terbukti oleh para
ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud.
Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam
saluran darah di kepala yg tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka
darah akan mengalir keruang tersebut.
· Nabi juga mengajar kita makan dengan tangan dan bila habis
hendaklah menjilat jari. Begitu juga ahli saintis telah menemukan
bahwa enzyme banyak terkandung di celah jari jari, yaitu 10 kali ganda
terdapat dalam air liur. (enzyme sejenis alat percerna makanan)
Wassalam...
· Sama-samalah kita mengamalkannya.......
· WallahuA'lam

Sabda nabi, Ilmu itu milik Allah, barang siapa menyebarkan ilmu demi
kebaikan insya Allah... Allah akan menggandakan 10 kali kepadanya.



:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Apakah Cinta Memerlukan Sebab

Dalam satu kisah percintaan yang menarik. Sepasang suami isteri berjalan
di tepi sebuah tasik yang indah. Kemudian mereka berhenti di sebuah
bangku yang disediakan di tepi tasik. Kemudian si isteri bertanya kepada si
suami. Ini dialog mereka

Isteri : Mengapa abang menyukai saya? Mengapa abang cintakan saya?
Suami : Abang tidak boleh menerangkan sebabnya, namun begitu abang memang menyayangi dan mencintai Sayang!
Isteri : Abang tak boleh terangkan sebabnya? Bagaimana abang boleh katakan
abang sayang dan cintakan saya sedangkan abang tidak boleh menerangkannya.
Suami : Betul! Abang tak tahu sebabnya tetapi abang boleh buktikan bahawa
abang memang cintakan Sayang!
Isteri : Tak boleh beri bukti! Tidak! Saya hendak abang terangkan kepada
saya sebabnya. Kawan-kawan saya yang lain yang mempunyai suami dan teman  lelaki, semuanya tahu menerangkan mengapa mereka mencintai. Dalam bentuk puisi dan syair lagi. Namun begitu abang tidak boleh terangkan sebabnya Si suami menarik nafas panjang dan dia berkata

"Baiklah! Abang mencintai Sayang sebab sayang cantik, mempunyai suara yang merdu, penyayang dan mengingati abang selalu. Abang juga sukakan senyuman manis dan setiap tapak Sayang melangkah, di situlah cinta Abang bersama Sayang!"

Si isteri tersenyum dan berpuas hati dengan penerangan suaminya tadi.
Namun begitu selang beberapa hari si isteri mengalami kemalangan dan koma.

Si suami amat bersedih dan menulis sepucuk surat kepada isterinya yang
disayangi. Surat itu diletakkan di sebelah katil isterinya di hospital.
Surat tersebut berbunyi begini :

"Sayang!Jika disebabkan suara aku mencintai mu... sekarang bolehkah
engkau bersuara? Tidak! Oleh itu aku tidak boleh mencintai mu. Jika disebabkan kasih sayang dan ingatan aku mencintai mu...sekarang bolehkah engkau menunjukkannya? Tidak! Oleh itu aku tidak boleh mencintai mu.Jika
disebabkan senyuman aku mencintai mu... sekarang bolehkah engkau
tersenyum? Tidak! Oleh itu aku tidak boleh mencintai mu.Jika disebabkan
setiap langkah aku mencintai mu.... sekarang bolehkah engkau melangkah?
Tidak! Oleh itu aku tidak boleh mencintai mu. Jika cinta memerlukan
sebabnya, seperti sekarang. Aku tidak mempunyai sebab mencintai mu lagi.
Adakah cinta memerlukan sebab? Tidak! Aku masih mencintai mu dulu, kini,
selamanya dan cinta tidak perlu ada sebab. Kadangkala perkara tercantik
dan terbaik di dunia tidak boleh dilihat, dipegang. Namun begitu... ia boleh dirasai dalam hati."

:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Put Your Foot Into My Shoe (EMPATI)

Senang kan nak suruh orang letak kaki dia dalam kasut kita....tapi

sebenarnya dalam kehidupan berapa ramai orang yang sudi utk izinkan

org lain untuk memakai kasutnya ,walau seburuk manapun rasanya kita

tak sanggup orang lain memakai kasut kita...kalau kasut baru tu

mungkin bolehlah setakat mencuba....emmm.Tapi hakikat sebenar dalam

kehidupan ni mana ada org sudi pinjamkan kasut baru dia...aku sendiri

pun tak suka kalau orang pinjam kasut aku. tapi kalau setakat cuba je

oklah....Tapi itupun rasa ngilu je... maklumlah kasut kesayangan.



Tapi dalam kehidupan maknanya meletakkan diri dalam situasi orang

lain tapi aku kaitkan dengan kasut sebbab samalah dengan kehidupan

sebenar. Orang boleh mengutuk dan mengata apa saja tentang kehidupan

kita tapi apa yang pasti hak kita sendirilah untuk menilai kehidupan

kita. apa hak orang kalau setakat nak mengata ...macam kasutlah kalau

kita dah suka dengan kasut yang kita pakai apa hak orang lain nak

mengata.... Kalau kasut RM2.00 sekalipun kalau kita suka dan itu je

yang kita mampu apa orang peduli..Tapi kalau tuanku permaisuri pakai

kasut RM2 mesti ada orang pedulikan sebab yelah dia ada tuan

penasihat.... Haaaaa , berbalik kepada kasut kita sendiri berapa

ramailah yang selalu mencuba kasut orang lain dan berapa ramai yang

suka mencuba kasut koyak atau buruk orang? Samalah dengan kehidupan

ini berapa ramai orang yang sudi merasai keperitan orang

lain......Kalau kegembiraan ,kenikmatan,kemewahan dan keselesaan

mungkin ada yang ingin merasa tapi ikhlaskah......kalau ada org bila

tengok kasut org cantik mulalah mencebek tanya harga kalau mahal

dikatanya 'tak berbaloi' kalau murah pula 'mesti tak berkualiti'.

Pendek kata ada je yang tak kena.Tapi tak semua macam tu tepuk dada

tanya minda golongan mana kita ni.....harap-harap tu biarlah golongan

yang mengucapkan syukur bila melihat kelebihan orang lain.

Alhamdulillah ....doakan kebaikan orang lain insyaAllah akan ttiba

masanya kita pun dapat pakai kasut baru dan selesa ...



Mulai hari ini kalau tengok kasut orang buruk janganlah menghina atau

mengeji tapi cukuplah sekadar bersimpati macam mana peritnya kaki

sipemakai itu menderita. Kalau ada duit lebih hulurkanlah bantuan

untuk dia dapatkan kasut yang baik juga kalau tak seperti kita pakai

cukuplah dapat mengalas kaki dia dari terluka....Nak pinjamkan kasut

anda? Terpulang.



Hidup ini bagaikan kasut jadi jangan cemburu kasut orang lain yang

indah sebab kita tidak tahu susah getir pemiliknya hendak memiliki

kasut tu....mungkin seluruh kehidupannya sebelum ini adalah penuh onak

dan duri mencucuk sebelum memiliki kasut yang indah itu...Dan kalau

kita memiliki kasut yang hebat sekalipun ....ingatlah satu hari kita

tak akan perlukan ia lagi...segala kemungkinan akan berlaku hilang,

dicuri ,dipinjam orang atau sebagainya.....kaitkanlah dengan kehidupan

kita...janganlah kita berbangga dengan apa yang kita miliki hari ini

dan menghina orang lain sebab kemungkinan kita juga akan diuji.Dunia

ini hanyalah pinjaman semata....akhirat yang kekal selamanya.



--

Muhasabah diri sendiri.....Berapa banyak kasut dah aku pakai selama

ini?..Tapi Hidup hanya sekali!

:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

HEAL THE WORLD

There麓s a place in your heart
And I know that it is love
And this place could
Be much brighter than tomorrow
And if you really try

You麓ll find there麓s no need to cry
In this place you麓ll feel
There麓s no hurt or sorrow
There are ways

To get there
If you care enough
For the living
Make a little space
Make a better place

Heal the world
Make it a better place
For you and for me
And the entire human race
There are people dying
If you care enough
For the living

Make a better place
For you and for me
Let this be remembered... each time we throw away food!
McDonald throws away food to keep freshness of their food and
these people don't have anything!
People who live in rich countries don't know this, don't want to know
this, and never understand this!

but you... please you.. understand this ..................................


:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Buat B yang kembali kepada Kekasih Sejati

BUATMU B...yang aku kenali

Tulus ikhlasmu luhur budimu bagai tiada pengganti
Senyum tawamu juga katamu menghiburkan kami
Memori indah kita bersama terus bersemadi
Kau sahabat, saudaraku, kau teman sejati

Sudah ditakdirkan kau pergi dulu
Di saat kau masih diperlukan
Tuhan lebih menyayangi dirimu
Kami pasrah diatas kehendak yang Esa
Ya Allah,tempatkannya di tempat yang mulia
Tempat yang kau janjikan nikmat untuk hamba Mu

B..semoga keluargamu tabah meneruskan perjuangan hidup yang fana ini
Walau ku tahu kau tiada di sisi mereka
Tapi percayalah Allah akan menjaga mereka
Meneruskan perjuangan hidup ini
Perjuangan hidup kami yang tinggal masih jauh beribu batu
Selagi roh masih di jasad hidup diteruskan

B..pergimu sudah pasti
Perginya dirimu pada Allah dengan senyuman terukir
Senyuman diwajahmu mengiringi jenazahmu semasa kau dkafankan
Sedih rasa hati ini mengenangkan senyuman diwajahmu
Semoga senyuman itu disambut para Malaikat yang menanti
Senyuman kepada Kekasih Sejati yang kepada Dia kita kembali
Moga amanlah dan bahagia dikau di sana
Setangkai doa juga Fatihah terus kukirimkan
Moga di sana kau bersama para solehin
Shooaibi sahabatku mengadaplah Kekasih Sejati yang abadi.
B...Semoga kau beroleh syurga Allah SWT. Amin





p/s:setiap yang dicoretkan bukan bahan untuk dipublisiti...jadi jgnlah disalahertikan dan disalahgunakan...:Shikin :)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

AL FATIHAH>SHOAAIBI WAN LAH

"Shoaaibi Wan Lah senyuman dan sifat lemah lembut yang kau pamerkan tidak akan hilang buat selamanya. Walaupun aku hanya mengenalmu hanya sebagai seorang pensyarah dan ketua rombongan yang memang sekepala dengan aku. Aku begitu menyenangi dirimu setiap kali B menegurku. Ada sesuatu pada diri B yang tidak ada pada insan lain dalam IPDA ini yang aku sebenarnya begitu kagum dan sikap cool yang kau pamerkan sering menyentuh hati ku.
Di dalam kotak fikiranku aku selalu gambarkan betapa bahagia insan di sekelilingmu kerana budi bahasa dan sikapmu yang sangat tinggi nilainya di mataku. Sekarang tiada lagi insan yang akan menunjukkan aku tempat-tempat indah yang sering B kunjungi ...aku pasti merindui senyumanmu yang tidak akan hilang dari mataku.
Perpisahan ini hanyalah sementara ...akan tiba kita akan brtemu jua di akhirat kelak.
Semoga Allah merahmatimu dan sentiasa mencucuri rahmat buatmu. semoga Allah melapangkan kuburmu dan menjadikan ia taman-taman syurgaNya dan akan sentiasa menerangi perhentian sementaramu. B ...semoga seluruh keluargamu akan diberi kekuatan untuk mengharungi kehidupan di dunia yang fana ini. Semoga mereka tabah menhadapi ujian Allah ini dan sentiasa dilingdungi. B..semoga kau beroleh syurga Allah SWT. Amin


p/s:setiap yang dicoretkan bukan bahan untuk dipublisiti...jadi jgnlah disalahertikan dan disalahgunakan"


Monday, June 7, 2010

Bila....ALLAH

Bila Allah cepat makbulkan Doamu, Maka DIA Menyayangimu,
Bila DIA Lambat

Makbulkan doamu, Maka DIA Ingin Mengujimu, Bila DIA Tidak Makbulkan Doamu,

Maka Dia Merancang Sesuatu Yang lebih Baik Untukmu. Oleh itu, Sentiasalah

Bersangka Baik Pada ALLAH Dalam Apa Jua Keadaan Pun... Kerana Kasih sayang

ALLAH Itu Mendahului KemurkaanNya. ." Hantarlah pesanan ini kepada orang

yang anda tidak akan lupa. Ini adalah pesanan pendek untuk menyatakan yang anda sentiasa mengingatinya. Ambillah sedikit masa dan anda
sudah pasti memberi keceriaan kepada seseorang atau mungkin mengubah hidup mereka kepada yang lebih baik......
 
 
 
 
 
:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

You Never Alone....

Amazingly, whether you believe or not, you're not alone. ( people ) will
not stand up for ALLAH.......
ALLAH is always there in your heart and loves you no matter what

'If you deny me in front of your friends, I shall deny you on the day of Judgement  STAND UP FOR HIM

It is said that when the angel of death is taking the rooh (soul) out of
the body whom passes away....it is a painful experience. They say that
when the dead awake on Qayaamat, the effect of the rooh
being taken out will still be there. Therefore, ALLAH has told us to
recite the Ayatul Kursi after any Farz salaat and it is stated that
whoever recites this, their rooh will be taken out as you would take out a
strand of hair from a pile of flour. How light would that feel,

MashaAllah!
May Allah save us from any sort of pain and may He let us die with Imaan
in our hearts and save us from the azaab.

There is no word as beautiful as Allah.
No example as beautiful as Rasulallah (SAW),
No lesson as beautiful as Islam
No song as melodious as Azan.
No charity as meaningful as Zakat.
No encyclopaedia as perfect as Al Quran.
No prayer as perfect as Namaz.
No diet as perfect as fasting.
No journey as perfect as Hajj.
Let's realize that Islam is for ever beautiful and perfect, please forward
this message to get the sawaab of passing on knowledge. This is most
common among us...... most of us talk during Azan...Read this mail..
The Holy Prophet (SAW) said, Stop doing everything during the Azaan, even
reading the Quran, the person who talks during the Azaan will not be able
to say the Kalima AShahada on his/her death bed.... Please pass this
message to Muslims...READ THIS DUAA FOR BETTER LIFE

Allahumma- inni- ala-Zikr-ika- wa Shuk-rika wa husni-ibad-atika.
A very powerful Dua'a has been sent to you. What do you think you should
do with it. Imagine if 1000 people read it just because of you.


:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Beutiful scenery in Kunming

The red land of the eastern river is a place where one almost can not find it in China's tourist maps.. Even if there is, it has only a few words to introduce it.


It is located in the southwestern part of KUNMING, 2600 ft. above sea level, a remote area.

Because of its lack of infrastructure, transportation problem, inadequate lodging facilities.

ordinary travel agency would not think of going there.


Even the people living there are not so aware or familiar with its existing beauty.

But for those who have seen the pictures of the Red land , no one can resist being attracted to its beautiful scenery! Just like a painting of a great magnificent landscape.

In life, sometimes we do not need to ask ourselves so many Whys', just do what you think you want to do


:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Ketika rembulan beranjak naik

Kegelapan mulai menggantung
melingkupi malam yang semakin larut
sinar keemasan rembulan yang menerobos
di antara celah dedaunan pepohonan
menembus bola mata membias
mengusik sebuah kesadaran
dalam kesendirian
keterasingan
kesunyian
sebuah kesedaran tentang

aku, diriku
dan
Allah Tuhanku
Beri aku sekali lagi waktu
agar aku boleh kembali
mengetuk pintuMu
memohon ampun
sebab telah kusedari
sebuah kesombongan
bersimaharajalela
bermegah-megahan di dalam dada
karena
telah kulakukan semua amalan
telah kujalani semua perintah
telah kutinggalkan semua larangan
kutinggikan takbir memuja
juga kutekuni shalat tambahan
kukejar ... kuhitung amalan sholeh
seperti pedagang menghitung keuntungan

aku berbangga
puas, lega
sebuah rasa baru telah hadir
aku merasa suci
aku dijalanMu
dijalan yang benar
syurga seperti memanggilku ....tapi layakkah aku
aku merintih sedih
genangan air telah membasah di kelopak mata
tetes sejuk yang menyegarkan
membawa harapan baru
menghadirkan kesedaran baru
seperti cahaya rembulan yang berpijar
masuk menerobos ke dalam sanubari
menerangi seluruh jiwa
segar seperti meminum air di padang tandus
sebab telah semakin kusedari kini
aku adalah dzarah hina tak bererti
tanpa kehendakMu meniupkan ruh
kedalam jasad untuk menghidupkan
semua ini tak akan terjadi tanpa

maka
bukan karena sholatku aku menjadi benar
bukan karena amalanku aku menjadi sholeh
bukan karena seluruh usahaku
maka aku akan masuk surga
semua tanpa erti
tanpa makna
tanpa guna
kecuali
semua karena izinMu,
kehendakMu,
kasihMu.
Ya Rabb
Aku memohon
terimalah amalanku
sholatku,
ibadahku,
dan hidupku
dan ini akan
menjadi tujuan hidupku
hidup demi cinta kepadaMu

Sebuah tekad
telah kuikrarkan
tak akan lagi kuarahkan
jalan hidupku
dari sudut pandangku
namun
kuarahkan
jalan hidupku
dari sudut pandangMu.
Amin, kalbulkanlah permintaanku Ya Allah.

:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

KAJIAN UMUR PANJANG

Dr. Hiromi Shinya dalam bukunya 'The Miracle of Enzyme'. Tidak ada makhluk di dunia ini yang ketika sudah dewasa masih minum susu kecuali manusia. Lihatlah sapi, kambing, kerbau, atau apa pun: begitu sudah tidak anak-anak lagi, tidak akan minum susu.


Yang menggembirakan dari buku Prof Hiromi ini adalah: orang itu harus makan makanan yang enak. Dengan makan enak, hatinya senang. Kalau hatinya sudah senang dan pikirannya gembira, terjadilah mekanisme dalam tubuh yang bisa membuat enzim-induk bertambah.

Kebahagiaan dan cinta akan meningkatkan faktor enzim tubuh, terkadang bagai keajaiban...

..........



Dr. Hiromi Shinya dalam bukunya 'The Miracle of Enzyme'. Tidak ada makhluk di dunia ini yang ketika sudah dewasa masih minum susu kecuali manusia. Lihatlah sapi, kambing, kerbau, atau apa pun: begitu sudah tidak anak-anak lagi, tidak akan minum susu.

Mengapa manusia seperti menyalahi perilaku yang alami seperti itu?

"Itu gara-gara pabrik susu yang terus meng­iklankan produknya", ujar Prof. Dr Hiromi Shinya, penulis buku yang sangat laris:

'The Miracle of Enzyme'(Keajaiban Enzim) yang sudah terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul yang sama.



Padahal, katanya, susu sapi adalah makanan/minuman paling buruk untuk manusia.

Manusia seharusnya hanya minum susu manusia.

Sebagaimana anak sapi yang juga hanya minum susu sapi.

Mana ada anak sapi minum susu manusia, katanya.



Mengapa susu paling jelek untuk manusia?

Bahkan, katanya, bisa menjadi penyebab osteoporosis?

Jawabnya: karena susu itu benda cair sehingga ketika masuk mulut langsung mengalir ke kerongkongan. Tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita.



Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan "enzim induk" yang seharusnya lebih baik dihemat.



Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang. Namun, karena enzim

induk terlalu banyak dipakai untuk membantu mencerna susu, peminum susu akan lebih mudah terkena osteoporosis.



Profesor Hiromi tentu tidak hanya mencari sensasi. Dia ahli usus terkemuka di dunia. Dia­lah dokter pertama di dunia yang melakukan operasi polip dan

tumor di usus tanpa harus membedah perut. Dia kini sudah berumur 70 tahun.



Berarti dia sudah sangat berpengalaman menjalani praktik kedokteran. Dia sudah memeriksa keadaan usus bagian dalam lebih dari 300.000 manusia

Amerika dan Jepang. Dia memang orang Amerika kelahiran Jepang yang selama kariernya sebagai dokter terus mondar-mandir di antara dua negara itu.



Setiap memeriksa usus pasiennya, Prof. Hiromi sekalian melakukan penelitian.

Yakni, untuk mengetahui kaitan wujud dalamnya usus dengan kebiasaan makan dan minum pasiennya. Dia menjadi hafal pasien yang ususnya berantakan pasti yang makan atau minumnya tidak bermutu. Dan, yang dia sebut tidak bermutu itu antara lain: susu dan daging.



Dia melihat alangkah mengerikannya bentuk usus orang yang biasa makan makanan/minuman yang "jelek": benjol-benjol, luka-luka, bi­sul-bisul, bercak-bercak hitam, dan menyempit di sana-sini seperti diikat dengan karet gelang. Jelek di situ berarti tidak memenuhi syarat yang diinginkan usus.



Sedangkan usus orang yang makanannya sehat/baik, digambarkannya sangat bagus, bintik-bintik rata, kemerahan, dan segar.



Karena tugas usus adalah menyerap makanan, tugas itu tidak bisa dia lakukan kalau makanan yang masuk tidak memenuhi syarat si usus. Bukan saja ususnya kecapean, juga sari makanan yang diserap pun tidak banyak.



Akibatnya,

pertumbuhan sel-sel tubuh kurang baik, daya tahan tubuh sangat jelek, sel radikal bebas bermunculan, penyakit timbul, dan kulit cepat menua. Bahkan,

makanan yang tidak berserat seperti da­ging, bisa menyisakan kotoran yang menempel di dinding usus: menjadi tinja stagnan yang kemudian membusuk dan menimbulkan penyakit lagi.



Karena itu, Prof Hiromi tidak merekomendasikan daging sebagai makanan. Dia hanya menganjurkan makan daging itu cukup 15% dari seluruh makanan yang masuk ke perut.



Dia mengambil contoh yang sangat menarik, meski di bagian ini saya rasa, keilmiahannya kurang bisa dipertanggungjawabk an. Misalnya, dia minta kita



menyadari berapakah jumlah gigi taring kita, yang tugasnya mengoyak-ngoyak makanan seperti daging: hanya 15 persen dari seluruh gigi kita. Itu berarti

bahwa alam hanya menyediakan infrastruktur untuk makan daging 15 persen dari seluruh makanan yang kita perlukan.



Dia juga menyebut contoh harimau yang hanya makan daging. Larinya memang kencang, tapi hanya untuk menit-menit awal. Ketika diajak "lomba lari" oleh

mangsanya, harimau akan cepat kehabisan tenaga. Berbeda dengan kuda yang tidak makan daging. Ketahanan larinya lebih hebat.



Di samping pemilihan makanan, Prof Hiromi mempersoalkan cara makan. Makanan itu, kata­nya, harus dikunyah minimal 30 kali. Bahkan, untuk makanan yang agak keras harus sampai 70 kali. Bukan saja bisa lebih lembut, yang le­bih penting agar di mulut makanan bisa ber­cam­pur dengan enzim secara sempurna. Demikian juga kebiasaan minum setelah makan bukanlah kebiasaan yang baik. Minum itu, tulisnya, se­baiknya setengah jam sebelum makan. Agar air sudah sempat diserap usus lebih dulu.



Bagaimana kalau makanannya seret masuk tenggorokan? Nah, ini dia, ketahuan. Berarti mengunyahnya kurang dari 30 kali! Dia juga menganjurkan agar setelah makan sebaiknya jangan tidur sebelum empat atau lima jam kemudian. Tidur itu, tulisnya, harus dalam keadaan perut kosong.



Kalau semua teorinya diterapkan, orang bukan saja lebih sehat, tapi juga panjang umur, awet muda, dan tidak akan gembrot.



Yang paling mendasar dari teorinya adalah: setiap tubuh manusia sudah diberi "modal" oleh alam bernama enzim-induk dalam jumlah ter­tentu yang

tersimpan di dalam "lumbung enzim-induk" . Enzim-induk ini setiap hari dikeluarkan dari "lumbung"-nya untuk diubah menjadi berbagai macam enzim

sesuai keperluan hari itu.



Semakin jelek kualitas makanan yg masuk ke perut, semakin boros menguras lumbung enzim-induk. Mati, menurut dia, adalah habisnya enzim di lumbung masing-masing.



Maka untuk bisa berumur panjang, awet muda, tidak pernah sakit, dan langsing haruslah menghemat enzim-induk itu. Bahkan, kalau bisa ditambah

dengan cara selalu makan makanan segar. Ada yang menarik dalam hal makanan segar ini. Semua makanan (mentah maupun yang sudah dimasak) yang sudah lama terkena udara akan mengalami oksidasi. Dia memberi contoh besi yang ķálȍ lama dibiarkan di udara terbuka mengalami karatan. Bahan makanan pun demikian.



Apalagi kalau makanan itu digoreng dengan minyak. Minyaknya sendiri sudah persoalan, apalagi kalau minyak itu sudah teroksidasi. Karena itu, kalau

makan makanan yang digoreng saja sudah kurang baik, akan lebih parah kalau makanan itu sudah lama dibiarkan di udara terbuka.



Minyak yang oksidasi, katanya, sangat bahaya bagi usus. Maksudnya, mengolah makanan seperti itu memerlukan enzim yang banyak.



Apa saja makanan yang direkomendasikan?

Sayur, biji-bijian, dan buah.



Jangan terlalu banyak makan makanan yang berprotein. Protein yang melebihi keperluan tubuh ternyata tidak bisa disimpan. Protein itu harus dibuang.



Mem­buangnya pun memerlukan kekuatan yang ujung-ujungnya juga berasal dari lumbung enzim. Untuk apa makan berlebih kalau untuk mengolah makanan itu harus menguras enzim dan untuk membuang kelebihannya juga harus menguras lumbung enzim.



Prof. Hiromi sendiri secara konsekuen menjalani prinsip hidup seperti itu dengan sungguh-sungguh. Hasilnya, umurnya sudah 70 ta­hun, tapi belum pernah sakit. Penampilannya seperti 15 tahun lebih muda. Tentu sesekali dia juga makan makanan yang di luar itu. Se­bab, sesekali saja tidak apa-apa.



Menurunnya kualitas usus terjadi karena makanan "jelek" itu masuk ke dalamnya secara terus-menerus atau terlalu sering.



Terhadap pasiennya, Prof. Hiromi juga menerapkan "pengobatan" seperti itu. Pasien-pa­sien penyakit usus, termasuk kanker usus, banyak dia selesaikan dengan "pengobatan" alamiah tersebut. Pasiennya yang sudah gawat dia minta mengikuti cara hidup sehat seperti itu dan hasilnya sangat memuaskan.



Dokter, katanya, banyak melihat pasien hanya dari satu sisi di bidang sakitnya itu. Jarang dokter yang mau melihatnya melalui sistem tubuh secara

keseluruhan. Dokter jantung hanya fokus ke jantung. Padahal, penyebab pokoknya bisa jadi justru di usus. Demikian juga dokter-dokter spesialis lain.



Pendidikan dokter spesialislah yang menghancurkan ilmu kedokteran yang sesungguhnya.

Saya mencoba mengikuti saran buku ini se­bulan terakhir ini. Tapi, baru bisa 50 persennya. Entah, persentase itu akan bisa naik atau justru turun lagi sebulan ke depan.



Yang menggembirakan dari buku Prof Hiromi ini adalah: orang itu harus makan makanan yang enak. Dengan makan enak, hatinya senang. Kalau hatinya sudah senang dan pikirannya gembira, terjadilah mekanisme dalam tubuh yang bisa membuat enzim-induk bertambah.



Article lain mengenai Dr. Hiromi Shinya dalam bukunya 'The Miracle of Enzym':

saya pernah melihat acara di TV membahas penyakit tumor otak yang diderita Gugun Gondrong. Dari bincang-bincang tersebut salah seorang sahabat Gugun Gondrong mengungkapkan bahwa selama ini Gugun Gondrong tidak pernah mengeluh tentang penyakit kecuali sakit maag yang tidak lain adalah penyakit lambung. Selain itu, salah satu narasumber yang hadir pada acara tersebut menyatakan bahwa faktor makanan tidak ada kaitannya dengan kejadian tumor otak tersebut. Kalau saya mendengar pernyataan ini 2 minggu yang lalu mungkin saya tidak terlalu tertarik untuk mengomentarinya. Tapi karena saya baru saja menyelesaikan membaca buku 'The Mircle of Enzym'-nya Hiromi Shinya, saya jadi tergelitik untuk memberi komentar.



Bukan masalah

Gugun Gondrong yang akan saya bahas (kalau musibah tersebut saya ikut berdoa semoga Allah segera memberi kesembuhan dan ia dapat sehat serta

beraktifitas seperti sediakala) melainkan pernyataan makanan, sakit maag dan tumor otak yang menarik perhatian saya.



Dalam buku tersebut dikatakan bahwa makanan dan keadaan saluran pencernaan (antara lain lambung dan usus) berhubungan dengan timbulnya tumor entah jinak atau ganas, dan lebih jauh lagi dapat berhubungan dengan semua penyakit baik yang sudah muncul mau pun yang masih dorman (belum muncul).



Bagaimana hal tersebut dapat diterangkan?

Hiromi memaparkan bahwa seluruh tubuh dan fungsinya yang tak terhitung banyaknya dapat dipahami dengan sebuah kata kunci, yaitu enzim. Makhluk

hidup, entah manusia, hewan atau tumbuhan sekalipun tak akan dapat bertahan tanpa adanya enzim. Lebih dari 5.000 jenis enzim vital diciptakan dalam

sel-sel tubuh kita dan kita juga memproduksi enzim dengan menggunakan enzim yang terdapat di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.



Bila kita kekurangan enzim tertentu atau yang lebih parah kehabisan enzim tertentu maka timbullah penyakit.

Sehingga secara umum, bila ingin menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit maka kita perlu memperhatikan apa, kapan dan bagaimana makanan dan minuman kita. Dan karena makanan dan minuman dapat "digunakan" oleh sel-sel tubuh kita setelah melewati organ pencernaan, maka penting sekali menjaga agar lambung dan usus kita selalu sehat (dari pengalamannya sebagai ahli endoskopi gastrointestinal, ia memperlajari bahwa bila sistem pencernaan seseorang bersih maka orang tersebut dapat melawan penyakit jenis apa pun dengan mudah, sebaliknya bila sistem pencernaan seseorang tidak bersih, orang tersebut rentan menderita suatu penyakit)



Untuk singkatnya ada beberapa faktor yang harus dilakukan (atau dihindari) untuk menjaga agar karakteristik lambung dan usus tetap baik yang oleh Dr.Shinya disebut 7 kunci untuk hidup sehat :



1. Menu makanan yang baik, yaitu terdiri dari:



a. 85-90% makanan nabati berupa biji-bijian, sayuran dan buah-buahan (yang paling baik adalah yang ditanam secara organik, karena bahan kimia hanya memboroskan "energi dan enzim" yang sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan lain tubuh kita).



b. Sekitar 10-15% berupa protein, sumber paling baik adalah ikan kecil (karena ikan besar mengandung merkuri) dan konsumsi daging sapi atau domba harus dibatasi atau dihindari.



c. Makanan dan bahan yang harus dihindari/dibatasi : teh hijau jepang, teh cina, kopi, makanan yang manis dan gula, nikotin, alkohol, cokelat, lemak dan minyak, garam meja biasa (gunakan garam laut yang mengandung mineral).



d. Cara makan yang baik adalah berhenti makan 4-5 jam sebelum tidur, mengunyah setiap suap 30-50 kali, makan buah atau minum jus 30-60 menit sebelum waktu makan dan konsumsilah lebih banyak makanan mentah atau dikukus sebentar ( menggoreng sangat tidak dianjurkan);



2. Mengkonsumsi air yang baik, yaitu air yang memiliki kekuatan reduksi yang besar, yang belum terpolusi oleh zat-zat kimia:



a. Orang dewasa sebaiknya minum 6-10 gelas setiap hari,



b. Minum 1-3 gelas air setelah bangun tidur pagi hari,



c. Minum 2-3 gelas air sekitar 1 jam sebelum setiap waktu makan.



3. Pembuangan yang teratur (jangan gunakan obat pencahar).



4. Olah raga secukupnya (olah raga berlebihan justru akan menghasilkan sejumlah radikal bebas yang besar).



5. Istirahat yang cukup:



a. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan dapatkan tidur 6-8 jam tanpa terputus;



b. Lakukan tidur singkat setelah makan siang (sekitar 30 menit)



6. Pernapasan dan meditasi:



a. Bermeditasi,



b. Berpikiran positif,



c. Kenakan pakaian longgar yang tidak menyesakkan napas.



7. Kebahagiaan dan cinta:



a. Kebahagiaan dan cinta akan meningkatkan faktor enzim tubuh, terkadang bagai keajaiban,



b. Luangkan waktu untuk sikap menghargai,



c. Hidup penuh semangat dan hadapi hidup, pekerjaan dan orang-orang yang Anda cintai dengan sepenuh hati.Memang, menjaga kesehatan cukup sulit, butuh pengorbanan dan terkadang cukup mahal harganya. Tetapi bila kita sakit, tidak saja lebih mahal harganya, melainkan juga lebih terasa sulitnya.



Selamat Hidup Sehat. Tuhan Memberkati :)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

Tuesday, June 1, 2010

Belajar Blog JBK JPK

Alahai inilah kali pertama masuk kelas buat blog. Blog ni akan aku jadikan blog alternatif bagi diri aku.
Wa......kena ingat password dan alamat blog. Asyik buat blog aje tapi nak compose malas...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ya Allah ...makhbulkanlah impianku.

Ya Allah ...makhbulkanlah impianku.
Ya Allah Kurniakanlah kerinduan untuk bertemu dengan Mu dan kenikmatan memandang wajahMU. Pandanglah aku hambaMu yang hina ini. Ya ArhamarrRohim.Amin Ya Robbal Alamin..in