kalau dah rajin menulis:

cinta....kasih..sayang... (221) suara hatiku (203) Alhamdulillah (152) cinta....kasih..sayang...hubbyku (151) nikmat Allah (144) ilmu (109) CHAPTER HIDUPKU..... (96) belajar (90) memori oh memori (75) Puisi/Sajak/Gurindam (74) kerjayaku (73) cabar minda (70) D'Perantauan (65) 1 entri 2 stories (64) nasihat (62) berita (47) keluargaku (44) kerjayaku...kemahiran (44) Chef Shikin...cooking skill (43) cabar diri... (41) Pergilah bercuti (38) Aku Adalah Aku (37) dari seorang sahabatku (35) Mari Melancong (31) Usahawan (30) dugaan..ujian hidup (29) Motivasi diri (28) Siapa kau...dihatiku? (28) resepi aku (27) My Dreams Come True (25) Travel logku (25) BUKU (23) ESQ165 (23) Penulisan (23) pengalaman (22) lucu... (17) sunnah (17) teratak aish (17) Aku Anak Pomen (16) Harilahirku....Shikin Sayang (14) Tazkirah (14) tin@teratak aish (14) PERNIAGAAN PALING MENGUNTUNGKAN (13) art theraphy (12) Doaku (11) HOMEMADE SOAP (11) Jadilah Diri Sendiri (11) Premium Beautiful (11) USAHAWATI UTARA. (11) Best From Northern Series (10) ESTIMAR HOMEMADE AURA SOAP (10) berkebun (9) hobi (9) PENTING (8) Pengumuman (8) Terapi (8) cinta....kasihsayang... (8) Aku Banggali (7) CONTEST D'moontest (7) Projek Senyum (7) Telekung JC Siah Eksklusif (7) imotivasi.com (7) kemahiran belajar. (7) lucu (7) santapan telinga (7) DOA TERAKHIR 39 (6) Datuk Maznah Hamid (6) EID MUBARAK (6) GIVEAWAY 4BY4 SHIKIN SAYANG (6) IABU (6) Joke of the day (6) PETUA TO' NENEK (6) Yuniarko Sukendro (6) program (6) ANEKDOT (5) Aku Poshtun (5) I AM AGEL (5) IAB (5) Istikharahku (5) Siapa pakai Premium Beautiful ?? (5) UCAPAN (5) dari blog MITI's (5) Falsafah...fail sampah (4) Fig Colector (4) Giveaway Blogger's (4) IKLAN (4) LABBAIK COUNSELLING AND CONSULTANCY CLINIQUE (4) LEGASI (4) Musibah (4) kreativiti (4) Bookreview (3) HANDMADE. (3) Hari Rayaku. (3) KENDURI KAHWIN (3) MIKE DAVID (3) MUEZAH (3) Majlis Perkahwinan (3) Mutiara kata.... (3) SELAMAT CURTAIN KEDAH (3) TNPOD8581 (3) Testimoni (3) anak dagang di perantauan (3) BAHAYA.... (2) Birthday Vacation (2) CAT WORLD (2) COVID19 (2) FAKTA VS AOTA (2) HARI ANUGERAH KUALITI DAN INOVASI (2) Habib (2) I luv ISLAM (2) INDAHNYA NEGERIKU KEDAH DARULAMAN (2) Inovasi (2) Karya Kreatif (2) PROJEK SUCCESS CORNER SMKAM (2) REMPAH SERBAGUNA MAK TEH BATU 10 (2) SELAMAT HARI GURU (2) SSFG (2) SUNNAH'S FASHION GLAM (2) Tinteratakaish (2) Video ku (2) al (2) my video (2) pohon syurga (2) Ayah (1) Ben Ashaari ...otai blogger (1) Business (1) DAO (1) DIY PROJEK (1) Dr Azizan Osman (1) FOLLOWER BERTUAH (1) HADIS (1) HARI GURU (1) I (1) IRFAN KHAIRI (1) Info Niaga (1) Kartun (1) Kedah Negeriku (1) Langsir (1) MAS (1) Mak Dan Ayah (1) Maulidurasul (1) NLP (1) PROJEK (1) Pekeliling oh pekeliling (1) SEKOLAH MENENGAH TUN SYARIFAH RODZIAH (1) Selamat Hari lahir (1) T (1) UB (1) perniagaan (1)
Semoga Bahagia Selalu,Sihat dan Kaya. Ameen ya Rabbal Alameen.Sayang Shikin ....

Friday, November 5, 2010

Bagaimanakah perilkau Nabi Muhammad Saw. yang mencerminkan kebahagiaan?

Allah Swt. Ingatlah firman Allah, "..hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram." QS. Ar-Ra'd (13):28 . "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjuanglah di jalan Allah, supaya kamu memperoleh kebahagiaan." QS. 5:35
 
Pertama, kebahagiaan dalam rumah tangga. Istri/suami yang setia membuat hati tenang dan bangga, anak-anak yang berbakti menjadikannya sebagai buah hati, lingkungan sosial yang sehat menghilangkan rasa khawatir dan rezeki yang barokah merangsang optimisme dan idealisme. Dengan inilah Nabi menyampaikan ucapan emasnya "Baiti jannati," rumahku adalah surgaku. Rumah yang memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Suami shalih dan istri shalihah adalah pasangan yang paham dalam membahagiakan pasangan hidupnya. Istri adalah amanah bagi suami, yang harus diperlakukan dengan baik, dan ketaatan istri kepada suami merupakan ibadah yang dijajikan pahala oleh Allah Swt. Materi tidak akan pernah bisa memuaskan nafsu manusia berapapun banyaknya walaupun materi merupakan pelengkap kebahagiaan manusia, tetapi keberlimpahan tanpa dibarengi dengan kekayaan ruhani justru menyebabkan orang sengsara.
 
Kedua, Hati yang bening (suci). Yang dinamakan kekayaan, bukan hanya semata-mata banyaknya harta benda, tetapi yang dinamakan kekayaan yang sejati adalah hati yang bening (suci). Sabda Rasulullah Saw,"Bila engkau bangun dipagi hari dengan sehat badanmu, bening hatimu dan ada yang dimakan untuk hari itu, seolah-olah dunia ini engkau yang punya."
 
Ketiga, Kebahagiaan berpuasa. Sabda Rasulullah Saw, "Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan: ketika berbuka dan ketika ia berjumpa dengan Tuhannya." Kebahagiaan ketika berbuka bukan karena ia mendapat makanan, tetapi yang lebih dari itu yaitu kebahagiaan yang bersifat spiritual. Jika hanya makan/minum yang membahagiakannya maka hal itu tidak ada bedanya dengan binatang.
 
Keempat, Kebahagiaan karena ingat aibnya sendiri. Sabda RAsulullah, " Berbahagialah orang yang sibuk dengan aibnya sendiri sehingga lupa dengan aib orang lain." Dengan demikian seseorang akan banyak bertobat, istghfar minta ampun karena merasa bersalah kepada Allah.
 
Kelima, kebahagiaan dengan 'memberi'.  Secara spiritual kebahagiaan dipercayai sangat terkait dengan moral yang baik dan semangat memberi kepadaorang lain. Ada hadist yang sangat populer menyatakan bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. artinya, memberi itu lebih baik ketimbang meminta. atau hadist yang lain menyatakan, sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.
:)sayangi diri anda...salam sayang..sayang selalu....Sayang Shikin

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ya Allah ...makhbulkanlah impianku.

Ya Allah ...makhbulkanlah impianku.
Ya Allah Kurniakanlah kerinduan untuk bertemu dengan Mu dan kenikmatan memandang wajahMU. Pandanglah aku hambaMu yang hina ini. Ya ArhamarrRohim.Amin Ya Robbal Alamin..in